Minggu, 01 Januari 2012

Cara membuat tts di blog

Mungkin diantara pembaca sekalian banyak yang bisa untuk membuat TTS (Teka-teki silang) atau Crossword (Bhs. Inggris), disini akan saya coba share-kan cara membuat TTS dengan cepat dan mudah.
Kita bisa memanfaatkan software Crossword Forge bisa anda download DISINI, dengan software ini kita bisa dengan mudah untuk membuat TTS. Langkah-langkah untuk membuat TTS ini adalah :
  1. Install Software Crossword Forge bagi yang belum punya bisa download DISINI
  2. Setelah diinstall dan jalankan tampilan dari Crossword Forge adalah sebagai berikut :

  3. Isi dan lengkapi misal judul dari TTS itu sendiri.
  4. Untuk tab menu Clue adalah pertanyaan-nya dan Answer adalah Jawabannya, jika sudah tekan Next untuk clue berikutnya atau langsung di tekan Make Puzzle untuk melihat hasil dari Clue yang sudah kita buat tadi

  5. Tab menu Backdrop digunakan untuk memilih latar belakang (background dari TTS yang kita buat tadi)
    No Drop = tanpa background (background putih)
    Solid Backdrop = background penuh (background hitam)
    Picture Backdrop = background sesuai dengan foto yang kita masukkan

    Ceklist di Show Answers In Preview untuk menampilkan jawaban di TTS yang kita buat tadi.
  6. Tab Menu Puzzle digunakan untuk memilih tema yang kita gunakan apakah model Crossword (TTS) atau Wordsearch (memilih kata tertentu dalam kumpulan kata)

  7. Tab menu Advance digunakan untuk pengaturan lebar kotak yang akan diisi huruf, anda bisa tentukan sendiri lebar kotak yang dimaksud.
  8. Berikut ini adalah contoh dari TTS yang sudah saya buat.

  9. Setelah selesai langkah selanjutnya adalah mengekspor ke format yang kita inginkan misalnya : image, Text, Pdf dan Web. Yang coba kita bahas disini adalah pengeksporan ke Web, caranya terlebih dahulu klik di menu Export.

    Penjelasan kotak dialog ini adalah :
    Position Clues On : Clue / pertanyaan akan ditampilkan dibawah TTS atau sebelah Kiri atau Kanan TTS.
    Enable Hint Menu : untuk menampilkan menu Hint pada tampilan TTS
    Enable Check Menu : untuk menampilkan menu Check pada tampilan TTS
    Show Across & Down List Simultaneously : mengatur tampilan dari Clue Model mendatar atau menurun
  10. Pilih Web kemudian tekan Export maka TTS akan diekspor kedalam format SWF atau Flash, biasanya disimpan ke dalam Desktop.
  11. Langkah selesai anda bisa mencoba menjalankan program tersebut dengan menggunakan software : Free Flash Player, FlashLite, atau lebih mudahnya menggunakan browser yang anda miliki boleh IE, Mozilla Firefox atau Google Chrome dengan cara pilih file SWF yang ingin ditampilkan klik kanan pilih Open With à pilih IE, Mozilla Firefox atau Google Chrome.

1 komentar:

  1. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus